)-->
Welcome to Amirullah Arsyad Anak Gunung Perak Sinjai   Click to listen highlighted text! Welcome to Amirullah Arsyad Anak Gunung Perak Sinjai Powered By GSpeech

Lama berkutat dengan bahasanya si Om Pascal sampai-sampai tak terbersit niat sedikit pun tuk beralih ke lain hati? Cieeeee... Preet! Ha Ha Haa...! Jadi orang setia kadang bikin sakit hati apalagi setia yang tidak pada tempatnya, itu kata teman saya gans.

Tapi ini kan masalah ilmu broo bukan roman percintaan, makanya klo ogah melirik ilmu lain bakal terlindas zaman, begitu kata opa Pramoedya Ananta Toer sang inspirasiku. Setidaknya itu yang saya rasakan sekarang.

Disaat peralihan penggunaan aplikasi administrasi perkara pengadilan dari Siadpa Plus ke era SIPP, dari aplikasi genre desktop ke system website. Mau tidak mau, suka tidak suka harus beralih pula aplikasi pemograman yang ,. Menurut saya celotehan delphi7 yang sudah mulai akrab denganku bukannya ketinggalan zaman dan tidak bisa support aplikasi berbasis web. Buktinya APP Kelimutu yang berbasis desktop juga terkoneksi dengan SIPP yang berbasis website. Persoalannya adalah SIPP di pengadilan-pengadilan tuh lebih banyak di operasikan di centos milik linux. Dinilah masalahnya karena sependek pengetahuan saya delphi7 belum support ke sana, inilah masalahnya. Ada sih generasinya dari embarcadero tapi yang katanya support tapi coba punya coba belum bisa juga menyesuaikan dengan keinginan SIPP. Tapi ini bukan salahnya generasi delphi lho, ini karena memang pengetahuan saya yang belum bisa menjangkau. Daripada repot sendiri kenapa tidak mencoba belajar bahasa tetangga saja yang memang lebih support aplikasi berbasi website?

Masuk pertengahan Februari 2019 aku mulai melirik-lirik tetangga yang berbahasa PHP, JS, HTML dan bahasa sejenisnya. Hasilnya? Tetap saja pusing saudara-saudari sekalian. Gak ngerti bahasanya, maksud apa. Berbeda dengan delphi7 yang perancangannya langsung diperlihatkan visualisasi bagan aplikasi, sementara PHP dan saudaranya tuh kita hanya dihadapkan dengan koding koding, yang vidualisasinya hanya bisa dilihat melalui browsing url.

Setelah seminggu lamanya baca baca artikel yang sebagian diantara hanya menyesatkan akal pikiranku, kahirnya satu dua kata bahasa PHP sudah ngerti, syukurlah banyak aplikasi ciptaan para master peradilan yang dishare di group sosmed  sehingga dengan mengobrak abrik jeroan aplikasi, istilah-islilahnya pun mulai familiar.

Agans aganita sekalian, begitulah awal perkenalanku dengan JS, PHP dan lainnya hingga memasuki pekan terakhir bulan Februari 2019, bermodal tekad dan sedikit nekad, dirancanglah aplikasi Siantri (Sistem Antrian Real Time) berbasis web. Logika perancangannya mengacu pada SARIPA (antrian desktop dari Delphi7) walau hasilnya beda jauh dengan Saripa karena memang harus menyesuaikan kebutuhan. Terlanjur basah, mumpun lagi semangat untuk belajar maka aplikasi antrian yang dirancang bukan hanya untuk antrian sidang, tetapi juga menjangkau antrian PTSP (pelayanan terpadu satu pintu), dan beberapa kebutuhan antrian lainnya.

Hasilnya? taraaaaaaa....! kacau gans! hahahahaha.!

Kenapa? akibat mempelajari JavaSript, PHP dan HTML diwaktu bersamaan dan mengaplikasikannya dalam rancangan program secara bersamaan pula, jadinya bahasanya campur aduk. Tak cuma bahasanya, penyimpanan file-file juga tidak rapi.

Tak apalah yang penting kan hasilnya? dan inilah hasilnya agans aganita yang budiman.

Meski masih dalam tahap ujicoba (karena perangkat yang tersedia di satker terbatas), tapi saat diuji publik ternyata banyak yang berminat untuk makai. Katanya sih! tapi dalam pandangan saya dong cuma mu coba coba (paling ero'na ji kapang lancoba cobai ).

Sayang seribu sayang meski ada yang minta upload link downloadnya di FB namun saya belum bisa tunjukkan, dan hanya melayani yang japri ke saya.

Bukan kikir gans! tapi ada pertimbangan juga.

Pertama untuk menghargai karya teman-teman lain punya aplikasi serupa apalagi jika yang bersangkutan berstatus honorer, anda pasti ngerti maksud saya.

Kedua satker saya belum totalitas dalam menggunakan aplikasinya, jika satker lain mendahului apa kata dunia.

Ketiga sebenarnya sudah dishare via otoritas yang lebih tinggi, saya fikir akan disebar jika memang layak untuk disebarkan ke satker-satker yang membutuhkan, dan beberapa pertimbangan lainnya.
Wal hasil selama ini saya hanya melayani contumer yang japri via WA dan messenger.

Cukup yah cerpennya hahahaha. bagi agans aganita yang minat silahkan download DI SINI dan tutorialnya DISINI

Ada kendala? chat di akun FB Amrul Arsyad, WA 081343621677

Eh ingat hak cipta dilindungi undang-undang yah!

Pilih Bahasa

Indonesian Arabic English German Japanese Portuguese Spanish

Link Pengadilan

Link Silaturahim

 

 

)-->

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

Pengunjung

000051864
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Lalu
Bulan Ini
Minggu Lalu
Semua
266
109
375
50144
3985
4033
51864

Your IP: 184.73.14.222
Server Time: 2019-04-22 10:15:16
)-->

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech