Ende | paende.net

Selasa, 7 Maret 2017 bertempat di ruang rapat PA Ende dilangsungkan rapat konsolidasi antara Tim Eksekusi PA Ende dengan pihak keamanan dan instansi terkait lainnya. Sesuai dengan agenda pimpinan, rapat kali ini merupakan rapat pemantapan menjelang pelaksanaan eksekusi yang rencananya akan dilaksanakan 2 (dua) hari ke depan tepatnya Kamis, tanggal 9 Maret 2017 setelah 2 minggu sebelumnya juga dilakukan rapat dengan agenda yang sama.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kabag. Ops. Polres, Ka. Intel Kodim, Danki Brimob, Binmas Babinkamtibmas, Denpom, Kompi C, Sekcam Ende Timur, Pol PP, Seklur Mautapaga, Kepala BPN Kabupaten Ende, para hakim dan Tim Eksekutor PA Ende.

Dalam kesempatan tersebut Ruslan, Ketua PA Ende yang memimpin rapat konsolidasi memaparkan perkembangan terbaru mengenai perkara yang akan dieksekusi.

“Dalam beberapa hari ini kami terus mengupayakan perdamaian diantara kedua belah pihak, terakhir kemarin (baca: 6 Maret 2107) kami kembali hadirkan kedua belah pihak, meskipun masing-masing menyampaikan usulan atau opsi perdamaian, namun akhirnya tetap gagal, artinya eksekusi rill tetap jalan” kata Ruslan.

“Termasuk pihak ketiga (diantara pemilik J. Hotel) yang terkena imbas dari pelaksanaan eksekusi juga telah dihimbau melalui pimpiman sebelumnya agar melakukan upaya hukum jika memang merasa dirugikan dengan putusan PA Ende, namun sampai hari ini tidak satupun dari pihak ketiga yang melakukan upaya hukum” lanjutnya. “... khusus kepada Termohon Eksekusi sendiri tidak pernah melakukan upaya hukum sejak dijatuhkannya putusan oleh PA Ende.

Selain itu Ruslan juga menyampaikan gambaran umum tentang isi putusan, termasuk denah lokasi eksekusi ditampilkan lewat layar lebar, serta bangunan-bangunan yang akan terkena imbas dari eksekusi tersebut.


Pihak Keamanan yang hadir dalam rapat tersebut sepakat akan menjaga seluruh Tim Eksekusi yang turun ke lokasi.

“PA Ende dalam hal ini sedang menjalankan tugas negara, dan tugas kamilah yang akan mengamankan jalannya pelaksanaan eksekusi” demikian kata Kabag. Ops. Polres Ende. “Bapak-bapak tak usah ragu, itu jaminan dari kami yang memang ditugaskan negara untuk menjamin keamanan di negara kita” sambung Ka. Intel Kodim.

“Tak hanya itu seluruh area pelaksanaan eksekusi dan sekitarnya akan kami amankan, termasuk aset yang dimiliki PA Ende seperti Kantor, Rumah Dinas dan Mess, akan kami jaga demi keamanan bapak-bapak semua” tandas Danki Brimob Ende yang diaminkan oleh Binmas Babinkamtibmas, Denpom, dan perwakilan Kompi C Ende.

Sementara itu Suhardin Kepala BPN Kabupaten Ende dalam kesempatan tersebut mengharapkan agar petugas dari BPN yang ikut dalam pelaksanaan eksekusi nantinya juga mendapat pengawalan dari pihak keamanan.

“Kami akan menurunkan srikandi-srikandi BPN berjumlah 6 orang untuk membantu PA Ende melakukan pengukuran atas objek eksekusi, mohon kepada aparat keamanan agar petugas kami juga jadi fokus perhatian” harap Suhardin.

Senada dengan Ka. BPN, Seklur Mautapaga yang hadir mewakili Lurah juga mengharapkan agar semua pihak tetap menjaga ketertiban serta keamanan khususnya di sekitar lokasi eksekusi.

“Terkait permohonan dari Tim Eksekutor PA Ende kami dari kelurahan akan membantu memantau massa yang hadir di lokasi, manakala ada oknum yang masuk area eksekusi dan bukan warga kami, akan segera disampaikan ke pihak keamanan demi menjaga hal-hal yang tidak diinginkan”

Secara teknis keamanan dilokasi eksekusi akan dilakukan dengan pengamanan berlapis atau 3 ring. Khusus Tim Eksekutor akan dikawal oleh pasukan khusus.

Seperti diberitakan paende.net tanggal 22 Maret 2016 yang lalu, eksekusi atas perkara ini telah dimohonkan dan telah ditetapkan jadwal pelaksanaannya. Namun saat putusan dibacakan Panitera PA Ende di lokasi eksekusi, Termohon Eksekusi meminta waktu agar diizinkan kembali melakukan negosiasi/perdamaian dengan Pemohon Eksekusi, akhirnya pihak PA Ende memberikan kesempatan itu dan dilangsungkanlah mediasi diantara para pihak dengan difasilitasi oleh Irwahidah MS., S.Ag., MH., Humas PA Ende dengan bertempat di ruang sidang utama PA Ende. Mediasi berjalan lancar akhirnya ditemuilah kata sepakat; eksekusi tidak dilaksanakan diganti dengan konpensasi sejumlah uang yang akan diserahkan pada hari dan tanggal yang ditentukan, kekeluargaan terjalin kembali dan semua saling berpelukan dengan haru.

Sayang, perdamaian di ruang sidang kala itu ternodai karena Termohon Eksekusi yang sebelumnya menyetujui akan memberikan konpensasi sejumlah uang, ingkar janji dan tidak mengakui lagi isi perjanjian sebelumnya ditambah lagi karena Termohon Eksekusi membawa pihak lain yang mengaku sebagai pemilik objek sengketa. Sangat disayangkan pula karena kedua belah pihak belum sempat menandatangani kesepakatan damai dengan pertimbangan akan dilakukan pada saat pembayaran uang konpensasi dilakukan.

Dengan ingkarnya Termohon Eksekusi atas kesepakan awal inilah, Pemohon Eksekusi mengajukan kembali permohonan eksekusi rill, yang salah satu objeknya adalah tanah yang diatasnya berdiri hotel bernama J. Hotel milik pihak ketiga.

Rapat konsolidasi berakhir sekitar Jam 16.33 (A2/Tim IT PA Ende)

Pilih Bahasa

Indonesian Arabic English German Japanese Portuguese Spanish

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

Link Pengadilan

Link Silaturahim

 

 

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

Pengunjung

000013854
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Lalu
Bulan Ini
Minggu Lalu
Semua
50
28
254
13389
534
1235
13854

Your IP: 54.91.171.137
Server Time: 2017-12-17 11:50:03

Developed in conjunction with Ext-Joom.com

Developed in conjunction with Ext-Joom.com